Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember

Budidaya Ikan Nila Di Ember – Sesuai dengan namanya budidaya ikan nila ini menggunakan ember sebagai media budidayanya. Walaupun agak tidak biasa dan aneh dalam prakteknya cara ini sering digunakan oleh pembudidaya ikan.

Penggunaan ember sangat terbatas dibandingkan dengan metode budidaya jenis lain seperti bioflok dan metode konvensional. Hasilnya juga lebih rendah dibandingkan menggunakan kolam terpal dan kolam lumpur. Namun metode ini masih memiliki kelebihan.

Apa Keuntungan budidaya ikan dalam ember?

Keuntungan budidaya ikan nila di ember lebih hemat biaya karena tidak perlu membuat/membeli kolam ikan, Selain itu dari segi kesulitan cara ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Apakah ikan nila bisa hidup di ember?

Lalu bagaimana cara membudidayakan ikan nila di dalam ember?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas silahkan simak pembahasan Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember dibawah ini.

Baca Juga :   Jenis Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar & Untung Melimpah!

Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember

Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember
Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember

Bagi yang tertarik mecoba budidaya ikan nila menggunakan ember simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Persiapan Tempat

Siapkan ember yang akan Anda gunakan sebagai media pengembangbiakan ikan nila. Ember plastik yang baik tidak hanya tidak mudah pecah tetapi juga ukurannya pas untuk proses pengembangbiakan. Jadi pilihlah ember besar dengan bahan super tebal.

Setelah itu siapkan paralon kecil. Paralon ini digunakan untuk mensirkulasikan air di dalam ember. Anda bisa menambahkan kran atau penutup saluran pembuangan agar lebih mudah. Dengan cara ini Anda dapat menyesuaikan sirkulasi air kapan saja tanpa takut tumpah.

Pembenihan 

Jika anda seorang pemula dalam budidaya ikan nila, kami sarankan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan penjual benih. Lebih baik lagi jika Anda meminta masukan yang tepat tentang apa cara terbaik untuk memelihara nila dalam ember. Anda juga harus memilih bibit ikan nila yang berkualitas baik.

Umumnya benih ikan yang berkualitas tinggi tidak memiliki cacat fisik dan memiliki warna, ukuran dan bentuk yang seragam. Garis-garis warna yang jelas dan tampak halus dan benih yang aktif bergerak di dalam air.

Baca Juga :   Ukuran Kolam Ikan Nila 1000 Ekor

Penempatan Ember

Setelah ember dan benih ikan nila goreng, saatnya memilih penempatan ember. Meski terkesan sepele penempatan ember ternyata berpengaruh terhadap hasil budidaya ikan nila.

Hindari menempatkan ember ikan nila di bawah sinar matahari langsung, di ruangan yang ng lembab atau ruangan yang terlalu dingin. Pastikan untuk menyimpan ember ikan nila di ruangan yang sejuk dengan suhu stabil . Dengan begitu proses pengembang biakan ikan nila di ember dapat menjadi lebih optimal.

Pembuatan Saluran Air 

Siapkan lem, cutter, paralon dan barang-barang lain yang diperlukan untuk menyambung saluran air dari ember ke tangki air. Kemudian, isi ember dengan air hingga mencapai ketinggian sekitar 80 hingga 90%.

Penyebaran Benih

Setelah area budidaya siap, anda bisa menyebarkan benih ikan nila di ember.

Pemeliharaan 

Pemberian pakan sebaiknya dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. pakan yang Anda gunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, pastikan bahwa pakan yang kamu gunakan memiliki kandungan 30% protein.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal, Cocok Untuk Pemula

Vitamin juga dapat ditambahkan untuk meningkatkan kualitas ikan nila. Ini membantu ikan sepenuhnya menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan nila.

Kelola Air

Kelola air secara teratur dan pantau kondisinya termasuk keasaman air. Periksa apakah CO2, NH3, dan H2S sudah memenuhi standar? Jika tidak lakukan penyesuaian.

Ingatlah bahwa takaran kadaar air yang salah dapat membuat pertumbuhan ikan nila kurang ideal. Bahkan bisa menyebabkan kematian pada ikan nila.

Pada umumnya air memiliki bau yang tidak sedap dan menjadi keruh bila ketiga unsur tersebut berlebihan. Jika ini terjadi air harus segera diganti.

Pemisahan 

Tujuan pemisahan ikan nila adalah untuk memudahkan proses pemeliharaan. Hal ini dilakukan ketika berat atau bentuk ikan mulai terlihat, disaran untuk mengelompokan ikan nila berdasarkan bentuk dan beratnya.

Panen Ikan Nila 

Standar pemanenan ikan nila biasanya dipertimbangkan berdasarkan berat 300-500g per ekor, atau saat usia mencapai 4-6 bulan.

Demikianlah informasi mengenai cara budidaya ikan nila di dalam ember yang dapat kamu coba di rumah. semoga bermanfaat

Hi, terimakasih telah berkunjung ke situs ini. Saya adalah mahasiswa yang suka menulis di blog dan tertarik dengan bidang budidaya dan peternakan. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi orang lain.

Related Posts

Jenis Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar & Untung Melimpah!

Jenis Pakan Ikan Nila agar Cepat Besar & Untung Melimpah! – Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat. Melihat intensitas…

Ukuran Kolam Ikan Nila 1000 Ekor

Ukuran Kolam Ikan Nila 1000 Ekor – Ikan nila merupakan salah satu ikan yang paling produktif dalam budidaya tinggi. Budidaya ikan air tawar ini memberikan penghasilan bulanan…

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal, Cocok Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal – Budidaya ikan nila merupakan salah satu alternatif selain budidaya ikan lele yang masih banyak diminati dan menjadi favorit para…